Saturday, September 15, 2007

Just Quotes

"Puncak gunung dianggap sebagai sebuah akhir pendakian. Tapi, tujuan sesungguhnya, yaitu memperoleh kenikmatan hidup, tidak ditemui di puncak, melainkan dalam kesulitan2 yang menghadang di perjalanan. Perjalanan itu ditandai oleh lembah, tebing, sungai, jurang, serta tanah longsor, dan pada waktu menyusuri jalan setapak, sang pendaki mungkin merasa ia tak dapat maju lebih jauh, atau bahkan kematian lebih baik daripada meneruskan perjalanan. Tapi kemudian ia bangkit dan kembali berjuang melawan kesulitan2 yang menghadang, dan ketika akhirnya ia dapat menoleh dan mengamati rintangan yang berhasil diatasinya, ia pun menyadari bahwa ia telah merasakan kenikmatan hidup yang sesungguhnya."


----------------------------------


"Semakin kau mendekati sebuah gunung tinggi, semakin sukar bagimu merasakan kebesarannya. Kalau kau mulai mendaki, kau sama sekali tidak memahami ukurannya. Kalau kau mendengarkan dan membandingkan komentar semua orang, kau akan mengerti bahwa kebanyakan dari mereka bicara tanpa pernah melihat gunung itu secara keseluruhan. Meski baru melihat satu puncak atau satu lembah, mereka mengira telah melihat semuanya. Tapi sesungguhnya mereka hanya menilai keseluruhannya berdasarkan bagian yang sempat mereka lihat."

(percakapan Hosokawa Fujitaka kepada puteranya, Tadaoki)

-----------------------------------------


"Manusia ingin percaya bahwa mereka hidup dan bertindak berdasarkan kemauan mereka sendiri, namun pada kenyataannya mereka hanya dipaksa oleh keadaan."

-----------------------

"Kelima organ tubuh -hati, jantung, limpa, paru-paru, dan ginjal- terwujud dalam kelima aspirasi, kelima tenaga, dan kelima suara.
Sebagai contoh, jika hati terkena penyakit, air mata Tuan akan berlebihan;
jika jantung terluka, Tuan akan dikuasai rasa takut, seberapa besar pun keberanian Tuan biasanya;
jika limpa terganggu, Tuan akan mudah marah;
jika paru-paru tidak berfungsi dengan benar, Tuan akan mengalami siksaan mental dan tidak memiliki kekuatan psikologis untuk memahami sebabnya.
Dan jika ginjal Tuan lemah, perasaan Tuan akan terombang-ambing dengan hebat."

(percakapan Sinshe Manase dengan Akechi Mitsuhide)

----------------------------------

taken from Taiko, Eiji Yoshikawa

2 comments:

RoSa said...

abangggggg, ayo apdetttt =D

Lia Sweety said...

Hmm..setuju..!
Kalo kamu termasuk yang mana? orientasi hasil atao proses, kk?

-lia mampir, long time no see ya-